Selasa, 27 Juli 2010

Jawara INAICTA 2010 Hasil Kreativitas Anak Bangsa

Di Kutip dari http://chip.co.id/articles/news/2010/07/25/jawara-inaicta-2010/

chip_online_inaicta_2010

Setelah melewati proses yang sangat panjang, menyisihkan lebih dari 1.333 pendaftar, dan dipilih sebanyak 75 peserta yang menjadi nominator di ajang Indonesia Information and Communication Technology Awards (INAICTA) 2010, nama para pemenang pun diumumkan sebagai puncak acara INAICTA 2010.

Malam penghargaan INAICTA 2010 (24/07/2010), diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), dihadiri oleh ratusan penonton. Hadir pula MenKominfo, Tifatul Sembiring, untuk mendukung perkembangan digital creative technology di Indonesia, yang saat ini keadaannya masih sulit untuk unjuk gigi di negeri sendiri.

chip_online_inaicta_2010

Beberapa kategori yang dilombakan di INAICTA 2010, mewakili berbagai konsep digital creative yang banyak ragamnya. Berikut ini beberapa kategori yang dilombakan, diantaranya Digital Animation, e-goverment, e-business for enterprise, e-business for SMEs, e-learning, Mobile Application, Digital Interactive Media, Open Source Application, Research & Development, Tools & Infrastructure, dan Digital Music. INAICTA 2010 juga mengajak para murid SD-SMP-SMA-Perguruan Tinggi untuk ikut menuangkan ide kreatif mereka ke dalam kategori Student Project. Berikut ini adalah daftar para pemenang INAICTA 2010 :

Kategori E-Government

  • InfoKes (Sistem informasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan perencanaan kesehatan nasional secara online), karya PT. Inovasi Tritek Informasi

Kategori E-Business for Enterprises

  • Collaborative eBusiness System (Sistem yang dirancang sebagai alat komunikasi business-to-bussines antara produsen dan komsumen dalam suatu supply chain), karya PT AMN Indonesia

Kategori E-business for SMEs

  • ProHukum (Solusi ideal berbasis SaaS untuk notaris, ppat dan firma hukum untuk mengatur proyek dan dokumen menjadi lebih efisien), karya Steven Surojo dan Jessica Chandra

Kategori E-Learning

  • Aaron (Sistem Pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan konsep distance learning), karya David Samuel, Dominukus Damas Putanto, Yosef Sukianto, Kevin Tanadi, Dody Dharma.

Kategori Digital Animation

  • Larjo Show : Lagu Lu Jek! (Dalam animasi 3D yang menceritakan kisah tiga sahabat Larjo, Coki dan Tole selama 5 menit), karya Riza Endratama, Wahyu Agni Dewanto, Isa Heliwar, Resza Avisena, Xaverius Enrico Yanuar.

Kategori Digital Interactive Media

  • NITIKI game participatory batik (game pertama di dunia yang menggunakan konten batik, dimainkan di konsol multi-touch screen secara beramai-ramai), karya Chandra Tresnadi.

Kategori Digital Music

  • Phi (Track yang digubah dari sebuah instrumen, arasemen dan sentuhan part-vocal menceritakan realitas kehidupan dari masa remaja menuju ke pendewasaan diri), karya Yulius Iskandar – Bottlesmoker.

Kategori Tools & Infrastructure

  • Netgazer – Electronic Capture : Untuk Laboratorium dan Rumah Sakit (Sebuah fasilitas, dimana setiah hasil dari alat laboratorium di capture secara otomatis menjadi data pasien yang akurat), karya Ariesta Satryoko dan Aria Setyoko.

Kategori Research & Development

  • Perisalah (Sistem yang menjadi solusi bagi kecepatan, ketepatan, kemanan dan kemudahan pembuatan risalah dan resume pertemuan), karya Oskar Riandi, Agung Santoso, Asril Jarin, Bowo Prasetyo, M. Teduh Uliniansyah dan Wahyu Widada.

Kategori Open Source Application

  • MetaCare – Health Service Management System (Aplikasi software berbasis web yang ditujukan sebagai pendukung ERP dan SCM bagi lembaga penyedia perawatan berbasis OSS), karya Setiabudi, Hendrik Saragih, Syafikli Musyafako, Ihsan Nurdiansyah dan Muhammad Reza Kamarullah.

Kategori Mobile Application

  • mGeometri (Software pembelajaran geometri yang dapat digunakan pada perangkat mobile touch screen, sehingga murid dapat mengulangi materi pembelajaran kapan saja), karya Petrianus Suwardi.

Kategori Student Project – SD

  • Ponsel Ibuku untuk belajar adikku (Aplikasi Flash Lite dari handphone ibu, untuk adik yang sedang belajar huruf, angka, warna, EnglishforKids dan Doa Anak Muslim), karya Fahma Waluya R.

Kategori Student Project – SMP

  • Adventure to Mars (Platform sederhana yang menceritakan perjalanan Anto membasmi hewan pengganggu penduduk di planet Mars), karya Nur Hidayat dan Fajar Kurnia Sopian.

Kategori Student Project – SMA/SMK

  • Program Managemen Terpusat (Aplikasi yang berfungsi untuk mengelola komputer lewat jaringan LAN dan MAN, untuk membantu guru dalam membimbing siswanya), karya Andre Susanto.

Kategori Student Project – Perguruan Tinggi

  • Jabbing – Object Labeling and Timing (Sistem untuk menganalisa dan mengawasi kamera pengawas), karya Jeffrey, Ricky Winata dan Felix Jingga.

Walaupun INAICTA 2010 telah selesai, panitia dan masyarakat Indonesia mengharapkan, para nominator dan pemenang dapat mewujudkan tujuan dari acara ini, yaitu menggali dan mendorong potensi serta kreativitas anak bangsa di bidang TIK, sehingga menghasilkan produk dan jasa TIK berkualitas dan memiliki daya saing di pasar domestik, regional serta internasional.



Jumat, 18 Desember 2009

14 Hacker Terbaik Dunia

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.
Berikut beberapa profile 14 Hacker Terbaik Dunia untuk saat ini :

1. Kevin Mitnick
Kevin adalah hacker pertama yang wajahnya terpampang dalam
poster “FBI Most Wanted”.
Kevin juga seorang “Master of Deception” dan telah menulis buku yang berjudul “The Art of Deception”.
Buku ini menjelaskan berbagai teknik social engineering untuk mendapatkan akses ke dalam sistem.

2. Linus Torvalds
Seorang hacker sejati, mengembangkan sistem operasi Linux yang merupakan gabungan dari “LINUS MINIX”.
Sistem operasi Linux telah menjadi sistem operasi “standar” hacker.
Bersama Richard Stallman dengan GNU-nya membangun Linux versi awal dan berkolaborasi dengan programmer, developper dan hacker seluruh dunia untuk mengembangkan kernel Linux.

3. John Draper
Penemu nada tunggal 2600 Herz menggunakan peluit plastik yang merupakan hadiah dari kotak sereal.
Merupakan pelopor penggunaan nada 2600 Hz dan dikenal sebagai Phone Phreaker (Phreaker, baca: frieker)
Nada 2600 Hz digunakan sebagai alat untuk melakukan pemanggilan telepon gratis.
Pada pengembangannya, nada 2600 Hz tidak lagi dibuat dengan peluit plastik, melainkan menggunakan alat yang disebut “Blue Box”.

4. Mark Abene
Sebagai salah seorang “Master of Deception” phiber optik, menginspirasikan ribuan remaja untuk mempelajari sistem internal telepon negara. Phiber optik juga dinobatkan sebagai salah seorang dari 100 orang jenius oleh New York Magazine.
Menggunakan komputer Apple , Timex Sinclair dan Commodore 64.
Komputer pertamanya adalah Radio Shack TRS-80 (trash-80).

5. Robert Morris
Seorang anak dari ilmuwan National Computer Security Center yang merupakan bagian dari National Security Agencies (NSA).
Pertama kali menulis Internet Worm yang begitu momental pada tahun 1988.
Meng-infeksi ribuan komputer yang terhubung dalam jaringan.

6. Richard Stallman
Salah seorang “Old School Hacker”, bekerja pada lab Artificial Intelligence MIT.
Merasa terganggu oleh software komersial dan dan hak cipta pribadi.
Akhirnya mendirikan GNU (baca: guhNew) yang merupakan singkatan dari GNU NOT UNIX.
Menggunakan komputer pertama sekali pada tahun 1969 di IBM New York Scintific Center saat berumur 16 tahun.

7. Kevin Poulsen
Melakukan penipuan digital terhadap stasiun radio KIIS-FM, memastikan bahwa ia adalah penelpon ke 102 dan memenangkan porsche 944 S2.

8. Ian Murphy
Ian Muphy bersama 3 orang rekannya, melakukan hacking ke dalam komputer AT&T dan menggubah seting jam internal-nya.
Hal ini mengakibatkan masyarakat pengguna telfon mendapatkan diskon “tengah malam” pada saat sore hari, dan yang telah menunggu hingga tengah malam harus membayar dengan tagihan yang tinggi.

9. Vladimir Levin
Lulusan St. Petersburg Tekhnologichesky University.
Menipu komputer CitiBank dan meraup keuntungan 10 juta dollar.
Ditangkap Interpol di Heathrow Airport pada tahun 1995

10. Steve Wozniak
Membangun komputer Apple dan menggunakan “blue box” untukkepentingan sendiri.

11. Tsutomu Shimomura
Berhasil menangkap jejak Kevin Mitnick.

12. Dennis Ritchie dan Ken Thomson
Dennis Ritchie adalah seorang penulis bahasa C, bersama Ken Thomson menulis sistem operasi UNIX yang elegan.

13. Eric Steven Raymond
Bapak hacker. Seorang hacktivist dan pelopor opensource movement.
Menulis banyak panduan hacking, salah satunya adalah: “How To Become A Hacker” dan “The new hacker’s Dictionary”.
Begitu fenomenal dan dikenal oleh seluruh masyarakat hacking dunia.
Menurut Eric, “dunia mempunyai banyak persoalan menarik danmenanti untuk dipecahkan”.

14. Johan Helsingius
Mengoperasikan anonymous remailer paling populer didunia.

SUMBER: http://finderonly.com

Penerimaan Mahasiswa IKATAN KERJA PLN

  KABAR GEMBIRA UNTUK PUTRA PUTRI TERBAIK INDONESIA! “The Future of Energy is Electricity”  Be a Global Energy and Industry’s Expert Leaders...