Jumat, 10 Juni 2016

Mengaktifkan Apache UserDir di CentOS 7

Standar penempatan folder sebuah server di linux biasanya ditempatkan di Folder /var/www/html. supaya setiap user bisa untuk mensetup / konfigurasi websitenya kita bisa mengaktifkan module userdir yang terdapat pada apache. sehingga nantinya setiap user dapat membuat halaman website yang di letakan di folder /home/aseng/public_html sehingga halaman itu bisa diakses menggunakan browser dengan alamat URL http://localhost/~aseng/index.html.



Untuk dapat mengaktifkan module userdir pada CentOS 7, mari kita coba bersama-sama:

1.      Pindah ke user root terlebih dahulu
su – root
2.      nstall apache terlebih dahulu, jalankan perintah berikut
yum install httpd –y
3.      Setelah proses install selesai, kita edit konfigurasi userdir, yang filenya terletak pada direktori /etc/httpd/conf.d/
vi  /etc/httpd/conf.d/userdir.conf
4.      Masuk ke editor vi, tambahkan dan sesuaikan dengan parameter konfigurasi dibawah ini
 #
 # UserDir is disabled by default since it can confirm the presence
 # of a username on the system (depending on home directory
 # permissions).
 #
   UserDir enabled
 #
 # To enable requests to /~user/ to serve the user's public_html
 # directory, remove the "UserDir disabled" line above, and uncomment
 # the following line instead:
 #
 UserDir public_html
Options Indexes Includes FollowSymLinks
  Require all granted
    

5.      Save dan keluar dari editor vi, kemudian restart service apache
systemctl restart httpd.service
6.      Coba buat user baru dan direktori public html
adduser aseng
Buat direktori public htmlnya
mkdir /home/aseng/public_html
Set permission direktori dan ubah ownershipnya
chmod 711 /home/aseng
chown aseng:aseng /home/aseng/public_html
chmod 755 /home/aseng/public_html

Silahkan mencoba :) 

 


Kamis, 28 April 2016

Tata Cara Menggunakan E-mail (Surat Elektronik)

Kirim lewat E-mail saja? sepertinya sekarang kita sudah tidak asing lagi suara/nada itu.  jama yang sudan teknologi ini memacu kita untuk menggunakan perangkat elektronik baik dalam hal apa saja termasuk surat elektronik (E-Mail) tetapi masih ada diantar kita yang belum paham tata cara menggunakannya hmmm..... menarik sekali untuk di ulas.  ok kita mulai saja laaah :) 

 Sebaiknya dalam menggunakan email kita :
  1. Gunakan Nama email yang sesuai dengan nama asli.
    • Sebaiknya menngunakan nama asli contoh: rakhmadi.irfansyah.putra@gmail.com tetapi alangkah baiknya lagi kalo kita sudah bekerja menggunakan emain dari institusi rakhmadi@sttpln.ac.id mengapa? supaya orang yang menerima surat yakin kita kerja diperusahaan tersebut :)
    •  
  2. Mengisi Subjek/perihal jelas dan singkat
    • Masukkan kata kunci yang mengacu dan mewakili isi email yang akan anda isi selanjutnya.
      Contoh yang benar : “Peminjaman Ruang”
      Contoh yang salah : “Peminjaman Ruang Kelas untuk pergantian matakuilah ****** pada hari senin jam 13:30" 
    • Pesan Ini #email #pesan #penting” Ingat, subjek email bukan untuk mengisi konten/isi email langsung.
      dan satu lagi seringnya kita mengirim email tanpan Subjek apabila mohon maaf terkadang email yang tidak ada subjeknya sering tidak dilayani.
  3. Menggunakan Salam pembuka saat mengisi email
    • Untuk menhargai/menghotmati seseorang yang kita kirim emailnya sebaiknya memggunaka salam pembuka contoh: "Dengan Hormat", "Yang Terhormat", "Dear.. (kalo ini teman atao kerabat).
    • Terkadang banyak yang mengirim email salam pembuka "Min pagi min" (mang kita sarimin.... hahahahaha)  
  4. Buat perkenalan terlebih dahulu pada pertama kali isi email (tergantung kondisi)
    • Perkenalan ini biasa dipakai jika anda bekerja di tempat kerja bagian supplier yang menawarkan penawaran kerjasama atau mungkin anda adalah karyawan baru di suatu tempat kerja. Juga tuliskan maksud anda mengirimkan email kepada yang dituju agar jelas tujuan anda.
  5. Ucapkan terima kasih jika anda membalas email respon (tergantung kondisi)
    • ini yang terpenting apa bila ada email yang sudah diterima untuk supaya pengirim tidak bingung sebaiknya kita menjawab "Terima kasih semail sudah diterima"
  6. Salam Penutup
    • Untuk penutup isi email, anda bisa memakai kata-kata seperti “Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.” 
    • Atau yang lebih sederhana “Salam, “, “Hormat kami, “, “Hormat saya, “, atau “Thank You, ” biar terkesan british.
sebenarnya masih banyak lagi.....

sumber:
https://sengatansibenz.wordpress.com/2015/04/21/cara-menulis-email-formal-tapi-tidak-kaku-dengan-contoh/
http://id.wikihow.com/Menulis-Email-Resmi





Penerimaan Mahasiswa IKATAN KERJA PLN

  KABAR GEMBIRA UNTUK PUTRA PUTRI TERBAIK INDONESIA! “The Future of Energy is Electricity”  Be a Global Energy and Industry’s Expert Leaders...