Selasa, 26 Agustus 2008

Etika Menulis Email dan Blog

Judul tersebut saya ambil dari sebuah artikel pada PCMEDIA 09/2008 yang ditulis oleh Pengamat Teknogi Informasi Bapak.Zatni Arbi. Ternyata setelah di koreksi penulisan yang saya lakukan pada blog ini masih banyak singkatan dan kata-kata aneh, tetapi saya sangat berterima kasih kepada beliau sudah memberikan ilmu yang berharga bagi saya. Pagi ini saya langsung mencari di google bagaimana dan apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam beretika menulis Email dan Blog.

Ternyata sebagian besar menggatakan etika dalam menulis Email dan Blog adalah:
1. Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman
tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada
orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst.
Kecuali jika Anda benar-benar yakin yang menerima email Anda tidak
bermasalah dengan istilah tersebut.
2. Gunakan salam, ada beberapa cara:
a. Assalamualaikum, (jika kita yakin yang menerimanya adalah muslim)
b. Yth Pak Fulan, (ini yang paling formal)
c. Pak Fulan ysh, (formal juga)
d. dh, (cara paling singkat, dh=dengan hormat)
e. Pak Fulan,
3. Jangan pelit menggunakan kata-kata: "tolong", "terimakasih".
4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah) dan KATA DENGAN HURUF KAPITAL
(berteriak).
6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek.

Tips-tips tersebut saya dapat dari
http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=3559.0
Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap isi komentar dengan sopan

Penerimaan Mahasiswa IKATAN KERJA PLN

  KABAR GEMBIRA UNTUK PUTRA PUTRI TERBAIK INDONESIA! “The Future of Energy is Electricity”  Be a Global Energy and Industry’s Expert Leaders...