Jumat, 23 Oktober 2009

Cara File berektensi *.doc tidak berantakan di OpenOffice.org pada sistem Operasi LINUX

OpenOffice.org sudah mulai banyak digunakan semenjak pemerintah menggalakan penggunaan software legal, kendala yang terjadi adalah bila apabila kita yang terbiasa menggunakan file berektensi *.doc maka isi file tersebut akan menjadi sedikit berantakan apabila dibuka di OpenOffice.org. Untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan cara mengcopy semua font yang ada di Sistem Operasi W****** kedalam salah satu folder yang ada di Sistem Operasi Linux. caranya adalah sebagai berikut:
  1. Simpan semua file *.TTF (untuk font yang disimpan di Sisten Operasi W****** kedalam usb atau media penyimpanan lainnya)
  2. Copy file *.TTF tersebut kedalam direktori /usr/share/fonts/truetype/freefont yang merupakan tempat penyimpanan font untuk Distro UBUNTU.
  3. Apabila sudah tercopy maka sekarang silahkan mencoba semua file berektesi *.doc di OpenOffice.org insyaallah file yang biasanya berantakan sudah tidak terjadi lagi :)
Apabila terjadi kedala biasanya permission/ijin akses dari file *.TTF tersebut harus dirubah dengan menggunakan perintah chmod.

Semoga bermanfaat :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap isi komentar dengan sopan

Penerimaan Mahasiswa IKATAN KERJA PLN

  KABAR GEMBIRA UNTUK PUTRA PUTRI TERBAIK INDONESIA! “The Future of Energy is Electricity”  Be a Global Energy and Industry’s Expert Leaders...