Selasa, 20 Desember 2011

Shell Script

Menyambung pada tulisan saya sebelumnya mengenai Shell, maka tulisan berikut akan menjelaskan mengenai shell script. Shell Script merupakan sebuah berkas (file) dimana didalamnya dapat terkandung perintah-perintah (Command Line) Linux/*NIX dan struktur pemrograman seperti halnya bahasa pemrograman lain. Struktur pemrograman yang dimaksud, misalnya Anda dapat menggunakan logika pengkondisian (IF/CASE) dapat menggunakan logika Perulangan (FOR/WHILE), dan sebagainya.
Ekstensi berkas (file) yang umum digunakan untuk shell script adalah *.sh, walaupun tidak mutlak demikian. Anda dapat menggunakan ekstensi yang lain. Bahkan tanpa ekstensi file sekalipun, sebuah shell script tetap dapat dijalankan (baca : Eksekusi). Ada dua cara mengeksekusi sebuah shell script, yakni : pertama dengan Shell aktif yang anda gunakan (Misal Anda menggunakan sh atau bash). Maka, saat mengeksekusi dilakukan dengan cara :
1$ sh nama_berkas.sh   #atau
2$ bash nama_berkas.sh
Cara kedua adalah dengan mengeksekusi berkas secara independen. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus memberi permissionexecute‘ pada file. Anda dapat menggunakan perintah chmod. Silahkan Anda melihat gambar diagram Alir yang saya sediakan.
1$ chmod 775 nama_berkas.sh
2$ ./nama_berkas.sh
Berikut ini contoh sederhana penggunaan shell script :
1. Buat sebuah berkas, misalnya :  latih1.sh menggunakan editor kesayangan Anda (vi atau nano).
2. Tuliskan kode Berikut :
01#!/bin/bash
02#Ini adalah baris komentar, tidak akan dieksekusi
03 
04clear
05echo -n "Masukan Nama Anda : ";
06read nama;
07echo;
08echo "Selamat datang $nama";
09echo "Anda login sebagai               : `whoami`";
10echo "Anda menggunakan Desktop Manager : $DESKTOP_SESSION";
11echo "Anda aktif                       : `pwd`";
12echo;
3. Simpan Source Code
4. Eksekusi dengan perintah $ bash latih1.sh
5. Lihat hasilnya, jika tidak ada error, Anda telah berhasil membuat shell script sederhana. Jika masih terdapat error, silahkan ubah lagi berkas Anda, simpan dan eksekusi kembali.

Referensi Lanjutan :
- Tutorial Mini Shell

Sumber:
http://prihastomo.wordpress.com/2010/04/12/shell-script/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap isi komentar dengan sopan

Penerimaan Mahasiswa IKATAN KERJA PLN

  KABAR GEMBIRA UNTUK PUTRA PUTRI TERBAIK INDONESIA! “The Future of Energy is Electricity”  Be a Global Energy and Industry’s Expert Leaders...